Kamis, 07 Februari 2013

MASKOT

SKETSA
Halo semua, pada kesempatan ini saya ingin berbagi mengenai cara membuat maskot dengan menggunakan salah satu program open source yaitu Inkscape. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai program ini silahkan klik link ini Inkscape.


Sekilas mengenai apa itu Maskot.
Maskot adalah sebuah lambang atau simbol yang sering di hubung-hubungkan dengan keberuntungan, tapi di jaman moderen ini maskot lebih diarahkan untuk memberikan ciri yang khusus bagi sebuah perusahaan. Bentuk dari maskot biasa diambil dari sekitar kita, bisa itu binatang, tumbuhan, benda-benda di angkasa bahkan karakter seseorang.

Bagaimana membuat sebuah Maskot ?
Pada gambar di atas adalah sketsa yang saya buat sebuah bentuk yang saya ambil dari bentuk burung malam yaitu burung hantu. banyak perusahaan yang menggunakan simbol burung hantu ini karena burung ini memiliki arti untuk kewaspadaan,kesabaran dan kebijaksanaan....nah sepertinya cukup untuk basa-basinya. MARI KITA MULAI........

1.   MEMBUAT SKETSA
Untuk sesuatu yang hendak anda bangun atau anda wujudkan, membuat sketsa adalah pekerjaan yang sangat perlu untuk dilakukan. Apalagi bagi kita yang baru belajar.
Jadi segeralah ambil pensil dan kertas, lalu tumpahkan semua ide yang kamu miliki keatas kertas. Kemudian perhatikan :
  1. Apakah bentuknya sudah sesuai dengan yang kamu inginkan.
  2. Kira-kira kalau orang lain melihat apakah pasti tertarik.
  3. Buatlah bentuk yang original buatan kamu sendiri.
  4. Jangan lupa untuk siapa maskot yang kamu buat itu.
  5. Jika ke empat poin di atas belum terpenuhi, lakukan kembali sampai mendapatkan hasil yang sesuai.
Tapi buat kita yang baru belajar ini buatlah bentuk apapun yang terlintas dalam pikiran kita. Silahkan memulai.

2.   SCAN
Setelah selesai membuat sketsa. sekarang saatnya untuk menyalakan komputer dan perangkat lainnya. Scan-lah hasil sketsa tersebut, berikan resolusi yang secukupnya jangan terlalu kecil resolusi gambarnya, supaya kualitas gambar yang tampak di layar monitor tidak terlihat kabur. kemudian simpanlah hasil scan tersebut dalam bentuk file dengan nama file yang mudah untuk di ingat, jangan lupa simpan di dalam folder yang memudahkan kamu untuk mencari file hasil scan.

3.   OPERASI VEKTOR
Untuk menyempurnakan hasil gambar yang telah dibuat, kita akan belajar menumpahkan cita rasa yang di miliki pada sketsa yang telah dibuat supaya menjadi bentuk yang lebih mendekati dari apa yang kita harap-kan. NAH... untuk langkah ini, kita akan di bantu oleh sebuah aplikasi berbasisVektor yaitu INKSCAPE.

        MENGAPA INKSCAPE ? 

  • Karena di blog saya ini di khususkan untuk mempelajari Inkscape. :)
  • Karena Inkscape dapat bersaing dengan aplikasi-aplikasi besar lainnya seperti : Adobe Illustrator,Coreldraw,Xaradesignerpro,dll.
Jadi, mari kita buka aplikasi inkscape-nya. Jika anda belum memilikinya silahkan anda download pada link ini (inkscape).
Setelah anda membuka aplikasi tersebut, lakukan proses import file yang anda scan sehingga terlihat dilayar kerja aplikasi inkscape nah pemirsa untuk memandu anda dalam membuat maskot ini. Dibawah saya sudah menyiapkan link yang saya uraikan berdasarkan tahapan-tahapan sehingga bisa memperoleh hasil seperti gambar dibawah ini. 

MASKOT ROBOT "OWL"

Nah, para pemirsa semoga apa yang saya bagikan di sini dapat membantu dan menjadi hal yang berguna untuk pemirsa semuanya. tidak lupa saya mengucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan semoga anda semua selalu dalam kondisi sehat.

silahkan meninggalkan komentar, saran ataupun kritik yang membangun. karena hal itu sangat berarti untuk  meningkatkan kwalitas blog ini.
Tahap 1

Tahap 2

Tahap 3a

Tahap 3b

Tahap 3c

Tahap 4

Tahap 5

Tahap 6

Tahap 7






2 komentar:

  1. Video tutorialnya akan lebih bagus kalo pake suara gan. kapan nge-pos tutorial yang lainnya gan. saya penasaran. soalnya lagi belajar Inkscape juga...btw trims yaa

    BalasHapus
  2. Halo, Terimaksih atas komentarnya
    Saya masih mempersiapkan tutorial untuk logo dan iilustrasi.harap bersabar menunggu yaa :) dan terimaksih juga untuk masukannya pakai suara memang akan lebih bagus tapi sayang saya belum memiliki alat untuk record voice nya hehehe. jadi untuk sementara silent tutorial dulu yaa.

    BalasHapus